BOPI Layak Dibubarkan? Ini Alasannya!

Apakah BOPI memang layak dibubarkan? Apa alasannya?
Tujuan utama dari kebijakan reformasi bidang kelembagaan adalah mengurangi fragmentasi urusan pemerintahan dan menghindari keborosan kewenangan pada lembaga pemerintah, beber Herman Suryatman selaku Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB di Jakarta beberapa waktu lalu.
Herman Suryatman menambahkan, peran BOPI selama ini tidak efektif karena memiliki tugas yang sama seperti yang harus dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).
Hal ini sejalan dengan amanat pasal 17 UUD 1945 yang mengatur bahwa urusan pemerintahan dilaksanakan oleh Menteri dan secara sektoral juga terdapat pengaturan dalam Pasal 13 dan Pasal 14 UU No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN), beber Herman Suryatman.
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sendiri menentang keras usulan pembubaran BOPI oleh Kemenpan RB tersebut. BOPI sedang melakukan penataan olahraga, tapi ternyata ingin dibubarkan, tukas Sekretaris Kemenpora, Alfitra Salam.
Ini merupakan bentuk inkonsistensi yang dilakukan Kemenpan-RB. Dari aspek yuridis, historis, faktual, dan eksistensi, BOPI sangat diperlukan, tegasnya.
Tugas dan fungsi BOPI sebagaimana diatur dalam ketentuan UU SKN dan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 sangat luas dan strategis dalam menopang peningkatan prestasi olahraga, imbuh Alfitra Salam.

fixmyacdenver.com data pengeluaran sgp Sumber: Sidomi